Perencanaan Komunikasi Akun Instagram Gerakan Sosial Komunitas PhD Mama Indonesia

Penulis

  • Dian Dwi Anisa Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24036/lk.v1i2.15

Kata Kunci:

Instagram, communication planning, digital activism, student-mother, social movement

Abstrak

Akibat budaya patriarki, kaum ibu kerap mendapat stereotipe negatif ketika memutuskan untuk mengambil pendidikan tinggi. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari berbagai elemen untuk mengadvokasi kelompok ibu-mahasiswa. Salah satu dukungan diberikan oleh komunitas PhD Mama Indonesia yang menyebarkan gagasan-gagasannya melalui berbagai platform media berbasis internet. Tulisan ini bertujuan untuk melihat perencanaan komunikasi komunitas gerakan sosial PhD Mama Indonesia dalam melakukan aktivisme digital, terutama melalui akun Instagram @phdmamaindonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan ketua Divisi Desain Kreatif dan Instagram, observasi unggahan yang ada di Instagram @phdmamaindonesia serta literatur pendukung. Hasil penelitian adalah komunitas ini menggunakan empat tahap perencanaan komunikasi The Circular Model of SoMe Regina Luttrell antara lain tahap share, tahap optimize, tahap manage, dan tahap engage. Namun beberapa pelaksanaan dalam tiap tahap tidak dilakukan secara optimal dikarenakan PhD Mama Indonesia adalah sebuah komunitas yang keanggotaannya bersifat volunter dan tidak mendapat bantuan dana dari luar. Meski begitu, akun Instagram mereka tetap aktif dikarenakan adanya kesamaan minat dan ketertarikan para anggota yang merupakan kekhasan aktivisme digital.

Referensi

Buku

Badan Pusat Statistik. (2022). Women and Men in Indonesia 2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Luttrell, Regina. (2019). Social Media: How To Engage, Share, and Connect Third Edition, Rowman & Littlefield, Maryland.

Fakih, Mansour. (2020). Analisis Gender dan Transformasi Sosial (Edisi Klasik Perdikan). Yogyakarta: INSISTPress.

Oktaviani, F.H., Pertiwi K., Sari, N. (2023). Voluntarisme digital untuk mendukung perempuan studi lanjut. (Chap 10). Dalam Komunikasi untuk perubahan sosial dalam konteks Indonesia. Editor Fitri H Oktaviani, Yun Fitrahyati Laturrakhmi, dan Elske van de Fliert. Malang: UB Press

Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteistik, dan Keunggulannya. Grasindo,. Jakarta

Jurnal

Adi, W., & Prabawati, H. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Sebagai Media Publikasi Kegiatan. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 160-176.

Arief, A. S., Fadli, Y., Sutisna, A., & Chumaedy, A. (2023). Eksistensi Gerakan Sosial Semanggi Foundation Dalam Mewujudkan Aksi Sosial dan Kemanusiaan di Kota Tangerang. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 9(1), 40-51.

Eriyanto, E. (2019). Hashtags and Digital Movement of Opinion Mobilization: A Social Network Analysis/SNA Study on# BubarkanKPAI vs# KamiBersamaKPAI Hashtags. Jurnal Komunikasi Indonesia, 8(3), 1.

Farid, L. Y. (2019). Interview with Kanti Pertiwi, Founder of PhD Mama Indonesia. Migration, Mobility, & Displacement, 4(1), 119-121. https://doi.org/10.18357/mmd41201918974

Fauziyyah, S. N., & Rina, N. (2020). Literasi media digital: efektivitas akun Instagram@ infobandungraya terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 13-24. https://doi.org/10.35326/medialog.v3i1.479

Haris, A., Rahman, A. B. A., & Ahmad, W. I. W. (2019). Mengenal gerakan sosial dalam perspektif ilmu sosial. Hasanuddin Journal of Sociology, 15-24.

Hutchinson, J. (2021). Micro-platformization for digital activism on social media. Information, Communication & Society, 24(1), 35-51. https://doi.org/10.1080/1369118X.2019.1629612

Lyonette, C., & Crompton, R. (2015). Sharing the load? Partners’ relative earnings and the division of domestic labour. Work, employment and society, 29(1), 23-40. https://doi.org/10.1177/0950017014523661

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan konten media sosial korporat pada instagram sebuah pusat perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1-9.

Putri, I. R., & Pratiwi, E. (2022). Aktivisme digital dan pemanfaatan media baru sebagai pendekatan pemberdayaan masyarakat atas isu lingkungan. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 8(2), 231-246. http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v8i2.3303

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Janitra, P. A. (2020). Strategi aktivisme digital di Indonesia: aksesibilitas, visibilitas, popularitas dan ekosistem aktivisme. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 123-144.

Saputra, R. A. V. W. (2023). Model Komunikasi Bencana Dalam Pemberantasan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI). Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 177–193. https://doi.org/10.51339/ittishol.v4i2.1101

Sicam, E. B., Umawid, M. D., Colot, J. D., Dagdag, J. D., & Handrianto, C. (2021). Phenomenology of parenting while schooling among filipino college student mothers in the province. Kolokium, 9(2), 80-94.

Zuraida, Z. (2023). Kekerasan Simbolik pada Perempuan Multi Peran (Studi terhadap Ibu-Mahasiswa dalam Komunitas PhdMamaIndonesia). Komunikasi: Jurnal Komunikasi, 14(1), 1-9. https://doi.org/10.31294/jkom.v14i1.14755

Website

https://www.instagram.com/phdmamaindonesia/ diakses pada 21 Desember 2023

https://datareportal.com/reports/digital-2018-indonesia diakses pada 20 Desember 2023

https://wearesocial.com/wp-content/uploads/2023/03/Digital-2023-Indonesia.pdf diakses pada 20 Desember 2023

https://phdmamaindonesia.com/ diakses pada 2 September 2023

https://www.instagram.com/thedeasafira/ diakses pada 2 September 2023

Diterbitkan

31-12-2023

Cara Mengutip

Anisa, D. D. (2023). Perencanaan Komunikasi Akun Instagram Gerakan Sosial Komunitas PhD Mama Indonesia. LITERAKOM: Jurnal Literasi Dan Komunikasi, 1(2), 94–108. https://doi.org/10.24036/lk.v1i2.15