Strategi Pengelolaan Akun Selebgram @Priscaangelina dalam Menciptakan Personal Branding
DOI:
https://doi.org/10.24036/lk.v1i2.12Kata Kunci:
personal branding, instagram, selebgram, strategiAbstrak
Maraknya penggunaan media sosial Instagram pada saat ini, membuat Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler dan membuat adanya istilah selebriti Instagram (selebgram) yang bermunculan. Dengan demikian, selebgram menjadi sebuah peluang kerja di bidang jasa yang menjanjikan. Pada saat ini, banyak selebgram yang bermunculan di Instagram, oleh karena itu para selebgram harus mengelola akunnya guna menciptakan personal branding yang kuat di Instagram agar dapat bertahan dan tetap relevan bersaing dengan akun Instagram lainnya. Pengelolaan akun menjadi salah satu hal yang penting dalam menciptakan personal branding yang kuat di Instagram agar dapat menemukan ciri khas dan keunikan seorang selebgram. Maka dari itu, penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi pengelolaan akun selebgram @priscaangelina dalam menciptakan sebuah personal branding. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk strategi @priscaangelina dengan Tradisi Fenomenologi, Teori Pengelolaan Kesan, dan Konsep Aktualisasi Diri. Dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data metode wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan selebgram Prisca Angelina melakukan pengelolaan akun mulai dari profil, tampilan serta konten yang diunggah.
Referensi
Buku
Bungin, B. (2017). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Politik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana.
DeVito, J. (2016). The Interpersonal Communication (14th ed.). Pearson.
GetCraft. (2020, May 25). Mengapa Micro Influencer Sedang Naik Daun?
Haroen, D. (2014). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. Gramedia.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2012). Theories of Human Communication. Salemba Humanika.
Mulyana, D. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Rosdakarya.
Seiler, W. J., & Beall, M. L. (2011). Communication: Making Connections (8th ed.). Pearson.
Shimp, T. A., Dewi, A. P., Sena, H. B., & Santi, F. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi = Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion (8th ed.). Salemba Empat.
Shrimp, T. A., & Andrews, J. C. (2013). Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing Communication (9th ed.). South-Western, Cengage Learning. https://fandango.home.xs4all.nl/Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Mng Communications - Terence A. Shimp & J. Craig Andrews.pdf
Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Alfabeta.
Jurnal
Butar Butar, C. R., & Ali, D. S. F. (2018). Strategi Personal Branding Selebgram Non Selebriti. Profesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(2), 86. https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.12029
Juliandi, R. (2017). Hubungan Konsep Diri dengan Aktualisasi Diri Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak Angkatan 2013 dan 204. 3(1), 12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.21144
Lomboan, S. (2013). The Impact of Celebrity Endorsement on Brand Image. Jurnal EMBA, 1(3), 788–795. https://media.neliti.com/media/publications/1598-EN- the-impact-of-celebrity-endorsement-on-brand-image.pdf
Maulhayat, F., Kesuma, A. I., & Amiruddin, H. (2018). Peran Instagram di Kalangan Mahasiswa Angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. 18. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9871
Nastiti, L. W. (2016). Bentuk Personal Branding Melalui Media Sosial (Personal Branding Saptuari Sugiharto melalui akun Twitter Pribadi @saptuari) [Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta]. http://digilib.uin- suka.ac.id/21262/
Putri, N. T. (2018). Personal Branding Selebgram Melalui Akun Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @nadyarosmania). 5(2), 8. http://journal.unla.ac.id/index.php/dialektika/article/view/281
Saputera, R., & Tamburian, D. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram oleh Endorser dalam Membangun Citra Diri. Prologia, 2(2), 473. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3732
Saputra, R. A. V. W. (2023). Model Komunikasi Bencana Dalam Pemberantasan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI). Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 177–193. https://doi.org/10.51339/ittishol.v4i2.1101
Website
allstars.id. (2019, December 8). Tingkatkan Engagement Instagram Kamu dengan Cara Ini! Allstars.Id. https://www.allstars.id/blog/2019/12/08/tingkatkan- engagement-instagram-kamu-dengan-cara-ini-2/
GetCraft. (2020, May 25). Mengapa Micro Influencer Sedang Naik Daun? MarketingCraft. https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/mengapa-micro-influencer-sedang-naik-daun
Jamaludin, F. (2021, July 2). Instagram Bakal Fokus ke Konten Video Tak Lagi Foto. Merdeka. https://www.merdeka.com/teknologi/instagram-bakal-fokus- ke-konten-video-tak-lagi-foto.html
Tribunnews. (2017, January 14). Meraup Rupiah Lewat Bisnis Selebgram. Tribunnews.Com. https://palembang.tribunnews.com/2017/01/14/meraup- rupiah-lewat-bisnis-selebgram?page=all
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Kategori
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Gabriella Cecilia Budiono, Christina Tandaju
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.