Strategi Pengelolaan Akun Selebgram @Priscaangelina dalam Menciptakan Personal Branding

Penulis

  • Gabriella Cecilia Budiono Universitas Bunda Mulia
  • Christina Tandaju Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.24036/lk.v1i2.12

Kata Kunci:

personal branding, instagram, selebgram, strategi

Abstrak

Maraknya penggunaan media sosial Instagram pada saat ini, membuat Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler dan membuat adanya istilah selebriti Instagram (selebgram) yang bermunculan. Dengan demikian, selebgram menjadi sebuah peluang kerja di bidang jasa yang menjanjikan. Pada saat ini, banyak selebgram yang bermunculan di Instagram, oleh karena itu para selebgram harus mengelola akunnya guna menciptakan personal branding yang kuat di Instagram agar dapat bertahan dan tetap relevan bersaing dengan akun Instagram lainnya. Pengelolaan akun menjadi salah satu hal yang penting dalam menciptakan personal branding yang kuat di Instagram agar dapat menemukan ciri khas dan keunikan seorang selebgram. Maka dari itu, penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi pengelolaan akun selebgram @priscaangelina dalam menciptakan sebuah personal branding. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk strategi @priscaangelina dengan Tradisi Fenomenologi, Teori Pengelolaan Kesan, dan Konsep Aktualisasi Diri. Dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data metode wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan selebgram Prisca Angelina melakukan pengelolaan akun mulai dari profil, tampilan serta konten yang diunggah.

 

Referensi

Buku

Bungin, B. (2017). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Politik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana.

DeVito, J. (2016). The Interpersonal Communication (14th ed.). Pearson.

GetCraft. (2020, May 25). Mengapa Micro Influencer Sedang Naik Daun?

Haroen, D. (2014). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. Gramedia.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2012). Theories of Human Communication. Salemba Humanika.

Mulyana, D. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Rosdakarya.

Seiler, W. J., & Beall, M. L. (2011). Communication: Making Connections (8th ed.). Pearson.

Shimp, T. A., Dewi, A. P., Sena, H. B., & Santi, F. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi = Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion (8th ed.). Salemba Empat.

Shrimp, T. A., & Andrews, J. C. (2013). Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing Communication (9th ed.). South-Western, Cengage Learning. https://fandango.home.xs4all.nl/Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Mng Communications - Terence A. Shimp & J. Craig Andrews.pdf

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Alfabeta.

Jurnal

Butar Butar, C. R., & Ali, D. S. F. (2018). Strategi Personal Branding Selebgram Non Selebriti. Profesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(2), 86. https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.12029

Juliandi, R. (2017). Hubungan Konsep Diri dengan Aktualisasi Diri Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak Angkatan 2013 dan 204. 3(1), 12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.21144

Lomboan, S. (2013). The Impact of Celebrity Endorsement on Brand Image. Jurnal EMBA, 1(3), 788–795. https://media.neliti.com/media/publications/1598-EN- the-impact-of-celebrity-endorsement-on-brand-image.pdf

Maulhayat, F., Kesuma, A. I., & Amiruddin, H. (2018). Peran Instagram di Kalangan Mahasiswa Angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. 18. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9871

Nastiti, L. W. (2016). Bentuk Personal Branding Melalui Media Sosial (Personal Branding Saptuari Sugiharto melalui akun Twitter Pribadi @saptuari) [Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta]. http://digilib.uin- suka.ac.id/21262/

Putri, N. T. (2018). Personal Branding Selebgram Melalui Akun Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @nadyarosmania). 5(2), 8. http://journal.unla.ac.id/index.php/dialektika/article/view/281

Saputera, R., & Tamburian, D. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram oleh Endorser dalam Membangun Citra Diri. Prologia, 2(2), 473. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3732

Saputra, R. A. V. W. (2023). Model Komunikasi Bencana Dalam Pemberantasan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI). Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 177–193. https://doi.org/10.51339/ittishol.v4i2.1101

Website

allstars.id. (2019, December 8). Tingkatkan Engagement Instagram Kamu dengan Cara Ini! Allstars.Id. https://www.allstars.id/blog/2019/12/08/tingkatkan- engagement-instagram-kamu-dengan-cara-ini-2/

GetCraft. (2020, May 25). Mengapa Micro Influencer Sedang Naik Daun? MarketingCraft. https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/mengapa-micro-influencer-sedang-naik-daun

Jamaludin, F. (2021, July 2). Instagram Bakal Fokus ke Konten Video Tak Lagi Foto. Merdeka. https://www.merdeka.com/teknologi/instagram-bakal-fokus- ke-konten-video-tak-lagi-foto.html

Tribunnews. (2017, January 14). Meraup Rupiah Lewat Bisnis Selebgram. Tribunnews.Com. https://palembang.tribunnews.com/2017/01/14/meraup- rupiah-lewat-bisnis-selebgram?page=all

Diterbitkan

31-12-2023

Cara Mengutip

Budiono, G. C. ., & Tandaju, C. (2023). Strategi Pengelolaan Akun Selebgram @Priscaangelina dalam Menciptakan Personal Branding. LITERAKOM: Jurnal Literasi Dan Komunikasi, 1(2), 80–93. https://doi.org/10.24036/lk.v1i2.12