Strategi Komunikasi Humas Kementerian Sekretariat Negara dalam Mensosialisasikan KTT ke-43 ASEAN Plus Kepada Masyarakat Melalui Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.24036/lk.v1i2.11Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Media sosialAbstrak
Penelitian ini berfokus pada Humas Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dalam menggunakan strategi komunikasi terkait mensosialisasikan KTT Ke-43 ASEAN Plus kepada masyarakat melalui media sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi komunikasi dan bagaimana Humas Kemensetneg mengatasi hambatan yang ditemukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metodologi studi kasus melalui wawancara mendalam sebagai pengumpulan data primer metode. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dalam melihat permasalahan. Teori yang digunakan adalah Agenda setting dan Konsep Four Steps of Public Relations. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Kemensetneg menggunakan strategi komunikasi dengan menerapkan Agenda setting yang telah ditentukan dan dikembangkan kembali dengan menciptakan konten-konten yang menarik dan informatif sebelum disebarluaskan melakui media sosial Kemensetneg. Strategi komunikasi yang dirancang juga telah melalui beberapa tahap yang sesuai dengan Teori humas yaitu konsep Four Steps of Public Relations dengan menerapkan empat tahapan seperti Fact Finding, Planning, Communication, dan Evaluation. Sehingga strategi komunikasi Humas Kemensetneg dalam mensosialisasikan KTT Ke-43 ASEAN PLUS kepada Masyarakat melalui media sosial dapat berjalan dengan baik dan informasi dapat tersampaikan.
Referensi
Center, C., & Broom. (2009). Effective Public Relation (9th ed., Vol. 1). Kencana Prenada Media Group.
Cutlip, Scott M; Allen H Center dan Glen M. Broom. 2007. Effective Public Relations: Edisi Kesembilan (terj. Tri Wibowo, cetakan kedua). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Effendy Onong U., (2009). Human Relations & Public Relations, cv. Mandar Maju, Bandung.
Frank, J. (2002). Public Relations (1st ed., Vol. 1). Erlangga.
Gunawan, H. (2013). Strategi Humas BKKBN dalam Mensosialisasikan Program Keluarga Berencana di Provinsi Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Mulyana Deddy, (2008), Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Rosda, Bandung.
Multaza, W. I., Meliala, Y. H., Ningsih, C., & Dewi, Y. R. (2021). Strategi Komunikasi Humas Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI Dalam Menyosialisasikan Program Lambe Hoaks. Jurnal Cyber PR, 1(1), 32-44.
Pitasari, E. P., Saraswati, F. O., & Dkk. (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan RI. In H. W. Satria & L. H. Arifin (Eds.), Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI (Vol. 53, Issue 9). Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI
Permadi, D., & Habibullah, A. (2022). Strategi Komunikasi Humas Bnn Dalam Memberikan Informasi Kepada Publik. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 150-162.
Rahutomo, A. N. (2013). Strategi Humas Dalam Mempublikasikan Informasi Pelayanan Publik Pada Pt Pln (Persero) Rayon Di Samarinda Ilir. EJournal Ilmu Komunikasi, 1, 324-40.
Rumimpunu, M. (2014). Strategi Humas Dalam Mensosialisasikan Program Listrik Pintar PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Di Ranotana. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(1).
Saputra, R. A. V. W. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Tri Bakti Sarimas dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. LITERAKOM: Jurnal Literasi Dan Komunikasi, 1(1), 42–52. https://doi.org/10.24036/lk.v1i1.5
Saputra, R. A. V. W. (2023). Maintaining Plurality Through the Preservation of the Siulak Kerinci Tradition. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2), 283-290.
Saputra, R. A. V. W. (2023). Model Komunikasi Bencana Dalam Pemberantasan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI). Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 177–193. https://doi.org/10.51339/ittishol.v4i2.1101
Wardhana, A. A. (2020). Strategi Komunikasi Humas Pemkot Madiun Dalam Mensosialisasikan Program Kerja Pemerintah Melalui Media Sosial (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Ramadhani, C., & Sudaryanto, E. (2023). Strategi Komunikasi Humas Melalui Instagram Museum Penerangan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 3(02), 74-81.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Kategori
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Yolanda Pertiwi, Eko Hartanto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.