Digitalisasi dan Penyebaran Informasi dalam Organisasi Novo Club

Penulis

  • Ardian Universitas Negeri Padang
  • Abdul Hadi Universitas Negeri Padang
  • Aprilius Muthya Salwahita Universitas Negeri Padang
  • Afri Yani Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/lk.v2i1.21

Kata Kunci:

Digitalisasi, Kolaborasi, Inovasi, Masyarakat Jaringan, Teknologi Informasi

Abstrak

Penelitian ini mengkaji dampak digitalisasi terhadap inovasi dan kolaborasi dalam organisasi Novo Club, sebuah inisiatif dari PT Paragon Technology and Innovation yang berfokus pada pengembangan generasi muda. Berdasarkan teori masyarakat jaringan oleh Manuel Castells, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana digitalisasi mempengaruhi kinerja operasional, interaksi anggota, dan nilai kebaharuan yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan data yang dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara mendalam dengan staf Public Relation di Novo Club Regional 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi meningkatkan efisiensi operasional, mempermudah akses informasi, dan memperkuat kolaborasi dan inovasi. Platform digital yang digunakan oleh Novo Club, seperti media sosial, Zoom, dan YouTube, memungkinkan koordinasi yang lebih baik dan pertukaran ide yang dinamis, mempercepat proses inovasi dan memperluas jaringan komunitas. Temuan ini memperkaya literatur mengenai implementasi teknologi digital dalam organisasi yang berfokus pada generasi muda dan memberikan wawasan baru mengenai peran teknologi dalam meningkatkan kinerja dan inovasi organisasi.

Referensi

Jurnal

Aji, R. (2016). DIGITALISASI, ERA TANTANGAN MEDIA (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital. Islamic Communication Journal, 1(1), 43–54.

Bahas, M. P. R., & Yamita, Z. (2022). Pengaruh Digitalisasi terhadap Praktik Organisasi dan Kinerja Operasi pada PT. IGP Internasional Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(3), 16–23.

Budiono, G. C. ., & Tandaju, C. (2023). Strategi Pengelolaan Akun Selebgram @Priscaangelina dalam Menciptakan Personal Branding. LITERAKOM: Jurnal Literasi Dan Komunikasi, 1(2), 80–93. https://doi.org/10.24036/lk.v1i2.12

Castells, M. (2020). Materials for an exploratory theory of the network society. British Journal of Sociology, 51(1).

Dwiana, R. (2013). Mobilisasi Massa dalam Era Network Society. Jurnal Pekommas, 16(3), 155–162.

Lakitan, B. (2012). Strategi Peningkatan Peran dan Kontribusi Iptek dalam Kerangka SINas untuk Mendukung Keberhasilan MP3EI . Workshop Peningkatan Kontribusi Iptek.

Lavinia-Andreea, Nicolae, Marian, Alexandru, & Nicoleta. (2020). Approaches to Digitalization within Organizations. Review of International Comparative Management, 21(3), 287–297.

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 101–109.

Suryana, D. (2012). Mengenal Teknologi: Teknologi Informasi. CreateSpace Independent Publishing Platform.

Yanzi, H., Adha, M. M., Hidayat, O. T., & Putri, D. S. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan IPTEK Untuk Merespon Revolusi Industri 4.0. LPPM UNILA - Institutional Repository , 1–9.

Zahara, E. (2018). Peranan Komunikasi Organisasi Bagi Pimpinan Organisasi. Jurnal Warta Edisi 56, 1–8.

Buku

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Putra Grafika.

Castells, M. (2010). The Information Age: Economy Society, and Culture (Second edition). Blackwell Publishing Ltd.

Dijk, J. Van. (2006). Network Society. Sage Publications.

Ibrahim, I. S., & Akhmad, B. A. (2014). Komunikasi dan Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Saputra, R. A. V. W., Kom, S. I., & Kom, M. I. (2024). RETORIKA: Teori dan Teknik Praktis Seni Berbicara di Era Digital. wawasan Ilmu.

Stalder, F. (2006). Manuel Castells: The Theory of the Network Society. Polity.

Youtube

Paragon Corp. (30 Maret 2024). Leadership Bootcamp Novo Club Batch 3 | Komunikasi Efektif [Video]. Yotube. https://bit.ly/NovoClub3-YT5

Diterbitkan

30-06-2024

Cara Mengutip

Ardian, Hadi, A., Salwahita, A. M., & Yani, A. (2024). Digitalisasi dan Penyebaran Informasi dalam Organisasi Novo Club . LITERAKOM: Jurnal Literasi Dan Komunikasi, 2(1), 50–64. https://doi.org/10.24036/lk.v2i1.21