Pemenuhan Kebutuhan dan Komunikasi Organisasi dalam Menangani Konflik di Budiman Swalayan
DOI:
https://doi.org/10.24036/lk.v2i1.20Kata Kunci:
Konflik, Pemenuhan Kebutuhan, Komunikasi OrganisasiAbstrak
Dalam setiap organisasi ataupun perusahaan selalu ada konflik. Konflik adalah sesuatu hal yang kodrati dan bersifat tetap, selalu ada. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana Budiman Swalayan menangani konflik yang terjadi. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif deskriptif serta metodenya adalah pengamatan, sesi tanya jawab dan rekapan. Penelitian ini memakai asumsi kebutuhan dasar manusia sehingga dapat memicu konflik. Hasil penelitian ini membahas bagaimana pandangan konflik, jenis konflik, sebab konflik, proses terjadinya konflik, dan cara penyelesaian konflik di Budiman Swalayan. Serta menjelaskan bahwa terdapat berbagai kebutuhan manusia yang dapat memicu konflik di Budiman Swalayan. Serta komunikasi organisasi berperan penting dalam penyelesaian konflik yang terjadi.
Referensi
Abaho, A. (2020). Human Needs Satisfaction and Conflict Prevention in Africa. Journal of Social Sciences, 1-17.
Aprilia, A. L. (2022). Pengruh Konflik dan Stress Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT PG Rajawali II Unit PSA Palimanan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis , 273-288.
Damayanti, R. (2023, November 11). Status Pekerjaan Utama Penduduk Indonesia Per Agustus 2023. Retrieved from Data.Goodstats.id: https://data.goodstats.id/statistic/status-pekerjaan-utama-penduduk-indonesia-per-agustus-2023
Diana, F. (2006). Teori dasar Transformasi Konflik Sosial. Yogyakarta: Quills.
Fisher, S., Ludin, J., Williams, S., Abdi, D. I., Smith, R & Williams, S. (2000). Mengelola Konflik: Ketrampilan dan Strategi Untuk Bertindak. Jakarta: The British Council.
Fithriyyah, M. U. (2021). Dasar-Dasar Teori Komunikasi Organisasi. Pekanbaru: IRDEV Riau.
Gamayanti, R. (2019). Konflik Antara PLTU Indramayu II dengan Warga Mekarsari Dilihat dari Teori Kebutuhan Manusia Simon Fisher. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 1-70.
Hermantoro, H. (2015). Kepariwisataan, destinasi pariwisata, produk pariwisata. Depok: Aditri.
Hidayat, A. B. (2022). Teori Hirarki Kebutuhan Maslow Terhadap Keputusan Pembelian Merek Gadget. MOTIVASI Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8-14.
Indrawijaya, A. I. (2006). Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru.
Mill, R.C., & Morrison, A.M. (2009). The tourism system (edisi keenam). Dubuque: Kendall Hout Publishing Company.
Natsir, N. I. (2022). Penegakakan Hukum dalam Penyelesaian Konflik Komunal. Jurnal Risalah Kenotariatan, 188-194.
Saputra, R. A. V. W., Kom, S. I., & Kom, M. I. (2024). RETORIKA: Teori dan Teknik Praktis Seni Berbicara di Era Digital. wawasan Ilmu.
Saputra, R. A. V. W. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Tri Bakti Sarimas dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. LITERAKOM: Jurnal Literasi dan Komunikasi, 1(1), 42-52.
Sigit, S. (2003). Esensi Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Salemba Empat.
Sopiah. (2008). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitaif. Bandung: Alfabeta.
wartini, S. (2015). Strategi Manajemen Konflik Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Teamwork Tenaga Kependidikan. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 64-73.
Wiryanto. (2005). Pengantar ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Kategori
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aura Fairana, Intan Ramadani, Relly Anjar Vinata Wisnu Saputra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.