Persepsi Mahasiswa Universitas Esa Unggul Terhadap Produk Make Up Somethinc
DOI:
https://doi.org/10.24036/lk.v2i2.36Kata Kunci:
Somethinc, Mahasiswa, PersepsiAbstrak
Somethinc adalah merek kecantikan dan perawatan kulit lokal dari Indonesia yang didirikan dengan visi untuk memberikan solusi perawatan kulit yang inovatif dan efektif untuk kulit Asia. Somethinc merupakan salah satu merek lokal yang sangat terkenal di industri kecantikan Indonesia. Somethinc menawarkan berbagai produk yang diformulasikan khusus untuk kulit Indonesia sehingga membuat produk lokal tersebut cocok untuk para penggemar kecantikan terutama di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teori persepsi sebagai landasan teoritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi persepsi beberapa merek make up lokal pada mahasiswa Universitas Esa Unggul Tangerang yang diperoleh melalui studi pustaka dan metode wawancara. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi positif tentang kualitas produk make up Somethinc. Selain kualitas dan harga, aspek pengemasan juga merupakan elemen penting yang memengaruhi daya tarik beberapa produk make up Somethinc di mata konsumen. Keberhasilan Somethinc dalam menarik minat konsumen muda, terutama mahasiswa Universitas Esa Unggul, dapat ditunjukkan melalui kombinasi kualitas tinggi, harga terjangkau, dan kemasan yang menarik. Secara keseluruhan, dengan terus berinovasi dan memperkuat strategi pemasarannya, Somethinc memiliki potensi besar untuk memperluas pangsa pasarnya dan mempertahankan posisinya sebagai pilihan utama dalam industri kosmetik yang semakin kompetitif.
Kata Kunci: Somethinc, Mahasiswa, Persepsi.
Referensi
Ardian, Hadi, A., Salwahita, A. M., & Yani, A. (2024). Digitalisasi dan Penyebaran Informasi dalam Organisasi Novo Club. Literakom: Jurnal Literasi & Komunikasi , 2 , 51–64.
Fadli, S. A. R., Ibrahim, R., & Hatu, D. R. R. (2023). Gaya Hidup Mahasiswa Konsumtif Dalam Penggunaan Produk Kecantikan Pada Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. SOSIOLOGI: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 , 41–49.
Fairana, A., Ramadani, I., & Saputra, R. A. V. W. (2024). Pemenuhan Kebutuhan dan Komunikasi Organisasi dalam Menangani Konflik di Budiman Swalayan. LITERAKOM: Jurnal Literasi dan Komunikasi, 2(1), 37-49.
Fairus, & Syah, H. (2020). Analisis Pengendalian Internal Atas Sistem Dan Prosedur Penggajian Dalam Usaha Mendukung Efisiensi Biaya Tenaga Kerja Pada PT. Pancaran Samudera Transport, Jakarta. repository.stei , 1–14.
Gulo, J. A., Hidayat, M., Saputra, R. A. V. W., Harits, A., & Herlianti, N. Esensial Resolusi dalam Konflik Masyarakat Madani. Journal of Publik Administration & Policy Review, 1(1), 69-82.
Hakim, B. F., Yunita, P. E., Supriyadi, D., Isbaya, & Ramly, A. T. (2021). Persepsi, Pengambilan Keputusan, Konsep diri dan Values. Diversity: Jurnal Ilmiah Pancasarjana , 1, 155–165.
Hasanah, N. N., Supeno, & Wahyuni, S. (2017). KEKUATAN RETENSI SISWA SMA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MIND MAPPING. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains , 2, 25–32.
Hasanah, S. A. N., Supeno, & Wahyuni, S. (2017). Kekuatan Retensi Siswa SMA Kelas X Dalam Pembelajaran Fisika Pada Pokok Bahasan Momentum Dan Impuls Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis MND Mapping. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains , 2 , 25–32
Laurenzia, B., Goenawan, F., & Yogatama, A. (2021). Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya Terhadap Elemen Brand Somethinc. JURNAL E-KOMUNIKASI, 9, 1–12.
Mubarokah, U., Fikriawan, S., & Ayu, D. P. (2023). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PRODUK KOSMETIK YANG TIDAK BERLABEL HALAL DITINJAU DARI PERILAKU KONSUMEN. Social Science Academic , 1, 1–8.
Nurdewi. (2022). IMPLEMENTASI PERSONAL BRANDING SMART ASN PERWUJUDAN BANGGA MELAYANI DI PROVINSI MALUKU UTARA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1, 297–303.
Permitasari, N. (2019). Persepsi Konsumen Terhadap Brand Image Produk Kecantikan Prosumer BLP Beauty. Repository.Unair , 1–10.
Prameswary, C., Hidayat, M. I., & Sari, M. P. (2024). Analisis Persepsi Warna pada Kemasan Produk Kecantikan Emina. Jurnal Seni Rupa Warna , 2 , 78–87.
Rianto, A., Wildanu, E., & Afnan, D. (2020). UPAYA MASYARAKAT PEDESAAN MELAWAN COVID-19DITINJAU DARI ASPEK SOSIOLOGIS. Jurnal Soshum Intensif, 3, 180–187.
Saputra, R. A. V. W., Kom, S. I., & Kom, M. I. (2024). RETORIKA: Teori dan Teknik Praktis Seni Berbicara di Era Digital. wawasan Ilmu.
Saputra, R. A. V. W. (2024). The role of the social media platform pinterest as a creative media reference for generation Z students. English Learning Innovation (englie), 5(2), 207-222.
Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar . Jurnal Pendadogi Dan Pembelajaran , 2, 369–376.
Tesis
Kamsiyah. (2024). PENGARUH AFFILIATE MARKETING, LIVE STREAMING DAN PROGRAM FLASH SALE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC SECARA ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH [Thesis (S1)]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Malikussaleh.
Koyumah, F. (2020). PENGARUH PERSEPSI TERHADAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS KONSUMEN TOKO SERAGAM LANCAR JAYA KEDIRI) [Thesis (S1)]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Agama Islam Negeri Kediri.
Priyanto, A. E. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN [Thesis (S1)]. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Ramadhan, B. (2009). GAMBARAN PERSEPSI KESELAMATAN BERKENDARA SEPEDA MOTOR PADA SISWA/I SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BOGOR TAHUN 2009 [Thesis (S1)]. Fakulta Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.
Website
Maulia, Y. (2022, September 6). Tanggapi Tingginya Minat Akan Skincare, Somethinc Gelar Serum Wonderland di Sarinah . Kompas.com, 1–1. https://www.kompas.com/parapuan/read/533464493/tanggapi-tingginya-
Putri, C. N. (2021, April 24). Perjuangan Irene Ursula Memajukan Somethinc, Brand Kecantikan Lokal yang Tak Kalah dengan Produk Asing . Parapuan, 1–2. https://www.parapuan.co/read/532664988/perjuangan-irene-ursula-memajukan-somethinc-brand-kecantikan-lokal-yang-tak-kalah-dengan-produk-asing?page=2
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Kategori
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Alda Aprillia, Auliana Rahma Sutisna
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.