Representasi Homoseksualitas di Kalangan Remaja Awal dalam Film ‘Monster’

Penulis

  • Nabila Dwita N Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.24036/lk.v2i2.32

Kata Kunci:

Seksualitas, Remaja, LGBTQ

Abstrak

Seksualitas merupakan diskusi yang tabu untuk dibawa ke permukaan, terutama topik seksualitas di kalangan awal remaja. Film Monster membungkus bagaimana seksualitas di kalangan remaja menjadi cerita yang menarik untuk dinikmati, sembari melihat perspektif bagaimana pandangan remaja LGBTQ dalam mengeksplorasi seksualitasnya. Penelitian ini menggunakan Analisis Semiotika dari C.S Peirce yang mengenalkan triangle meaning, dengan tujuan untuk melihat  bagaimana bentuk tanda dan makna yang menjadi representasi homoseksual di awal usia remaja. Penelitian ini juga melihat bagaimana bentuk penerimaan dan penolakan terhadap homoseksual lewat pelaku dan dari pengamat dalam film Monster. Hasil dari penelitian ini adalah pengalaman remaja LGBTQ dideskripsikan sebagai pengalaman yang sebagian besar tragis karena lingkungan yang masih tidak mendukung akan eksistensi homoseksual. Film ini juga memperlihatkan bagaimana gestur yang subtle dari remaja untuk menunjukkan dirinya sebagai bagian dari LGBTQ seperti coming out dan pengenalan closet dalam film.

Referensi

Alves, M. J., Soares, J., & Alencar, G. (2016). Homosexual orientation in childhood and adolescence: Experiences of concealment and prejudice. Reprodução & Climatério, 68-75.

Edgar-Hunt, R., Marland, J., & Rawle, S. (2010). Basics Film-making: The Language of Film. Switzerland: AVA Publishing.

Effendy, O. U. (1986). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: C.V REMAJA KARYA BANDUNG.

Feng, Y., Lou, C., Gao, E., Tu, X., Cheng, Y., Emerson, M. R., & Zabin, L. S. (2012). Adolescents' and Young Adults' Perception of Homosexuality and Related Factors in Three Asian Cities. Journal of Adolescent Health, 52-60.

Fiske, J. (1990). Introduction to Communication Studies. London: Routledge.

Galop. (2022). LGBT+ Experiences of Abuse from Family Members. United Kingdom: YouGov.

Garr-Schultz, A., & Gardner, W. (2019). “It’s just a phase”: Identity denial experiences, self-concept clarity, and emotional well-being in bisexual individuals. Self and Identity.

Hegde, A., Chandran, S., & Pattnaik, J. I. (2022). Understanding Adolescent Sexuality: A Developmental Perspective. Journal of Psychosexual Health, 237-242.

Knight, K., & Bochenek, M. (2017). "The Nail That Sticks Out Gets Hammered Down" LGBT Bullying and Exclusion in Japanese Schools. Human Rights Watch.

Li, Q., Liu, Z., Yan, S., & Yin, R. (2023). The Influence of Homosexual Media Potrayals on the Identity of Homosexual Young Adults. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 534-540.

Li, Z. (2023). Media Influences on Adolescents' Sex Education: A Comparative Analysis of Sex Education in China and Western Countries. The International Conference on Interdisciplinary Humanities and Communication Studies, 731-740.

Organization, W. H. (2018). WHO Recommendations on Adolescent Sexual and Reproductive Health and Rights. Switzerland: World Health Organization.

Peirce, C. S. (1931). The Collected Papers of Charles Sanders Peirce. Belknap Press of Harvard University Press.

Remafedi, G. J. (1985). Adolescent Homosexuality: Issues for Pediatricians . Clinical Pediatrics, 481-485.

Rosario, M., & Schrimshaw, E. W. (2014). Theories and Etiologies of Sexual Orientation. Dalam D. L. Tolman, & L. M. Diamond, APA Handbook of Sexuality and Psychology (hal. 555-569). American Psychological Association.

Sahoo, S., Venkatesan, V., & Chakravarty, R. (2023). ‘Coming out’/self-disclosure in LGBTQ+ adolescents and youth: International and Indian scenario - A narrative review of published studies in the last decade (2012-2022. Indian Journal of Psychiatry, 1012-1025.

Saputra, R. A. V. W. (2024). The role of the social media platform pinterest as a creative media reference for generation Z students. English Learning Innovation (englie), 5(2), 207-222.

Scott, D. T. (2018). 'Coming out of the closet' – examining a metaphor. Annals of the International Communication Association.

Swann, W. B. (2011). Self-verification Theory. Handbook of Theories of Social Psychology, 23-42.

Takshino, N., Davidson, R. J., & Keeni, M. (2024). Traditional family system, local government recognition and citizens' perceptions of homosexuality in Japan: an exploratory study. Equality Diversity and Inclusion An International Journal.

Troiden, R. R. (1979). Becoming homosexual: A model of gay identity acquisition. Psychiatry: Journal for the Study of Interpersonal Processes, 362-373.

Yokota, K. (2023). Pluralistic Ignorance in Attittudes toward LGBT People. Studies in the Health Sciences Vol VII No. 2.

Zakiyah, R., Prabandari, Y. S., & Triratnawati, A. (2016). Tabu, hambatan budaya pendidikan seksualitas dini pada anak di kota Dumai. Berita Kedokteran Masyarakat, 323-330.

Diterbitkan

18-12-2024

Cara Mengutip

N, N. D. (2024). Representasi Homoseksualitas di Kalangan Remaja Awal dalam Film ‘Monster’. LITERAKOM: Jurnal Literasi Dan Komunikasi, 2(2), 65–86. https://doi.org/10.24036/lk.v2i2.32