Peran Konten Mukbang dalam Membentuk Ketergantungan Makan Sambil Menonton: Perspektif Teori Dependensi Media
DOI:
https://doi.org/10.24036/lk.v2i2.44Kata Kunci:
Dependensi media, mukbang, efek mediaAbstrak
Media telah menjadi kebutuhan pokok yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat. Kehadirannya telah meluas menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari rutinitas sehari-hari kita. Maka dari itu, masyarakat akan sangat ketergantungan pada penggunaan media. Media baru terlahir dari kemajuan teknologi saat ini dan memunculkan beragam jenis media baru dalam komunikasi, salah satunya adalah YouTube. YouTube adalah platform yang sangat terkenal untuk berbagi video di mana pengguna dapat mengunggah, menonton, dan berbagi video tanpa dipungut biaya. Salah satu tren yang semakin populer di kalangan banyak orang adalah menonton orang lain makan melalui siaran yang dikenal sebagai mukbang. Antusias konten ini juga banyak, hal ini terjadi karena menampilkan makanan yang menggugah selera, sehingga memberikan dampak perubahan afektif pada penontonnya sehingga memberikan efek jangka panjang untuk terus menontonnya.
Referensi
Anggraini, I. (2020). Kajian sejarah dan perkembangan teori efek media. Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 8(1), 30-42.
Aswati, M., Burhan, F., Hasan, H., & Suddin, S. (2023, February). Mukbang: Praktik dan Komunikasi Budaya. In Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) (Vol. 6, No. 2, pp. 31-37).
Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigman, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat (Edisi Pertama). Kencana: Jakarta.
Choe, H. (2019). Eating together multimodally: Collaborative eating in mukbang, a Korean livestream of eating. Language in Society, 48.
Dewi, N. A., Yuniasari, T., Darmawangsa, D., & Sunendar, D. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Multimodal untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan Pustaka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 620-636.
Fayasari, A., Gustianti, M. N., & Khasanah, T. A. (2022). Perilaku Menonton Mukbang dan Preferensi Makanan Mahasiswa di Jakarta. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(2), 220-227.
Food.detik.com. (2023). Sering Makan Sambil Nonton TV? Ini Efek yang Bakal Ditimbulkan. Di akses dari https://food.detik.com/info-sehat/d-7024519/sering-makan-sambil-nonton-tv-ini-efek-yang-bakal-ditimbulkan.
Griffiths, M. D. (2018). Adolescent social networking: How do social media operators facilitate habitual use? Education and Health, 36.
Habibah, A. F. (2021). Era masyarakat informasi sebagai dampak media baru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 350-363.
Hariyadi, H., & Arliman, L. (2018). Peran Orangtua Dalam Mengawasi Anak Dalam Mengakses Media Internet Untuk Mewujudkan Perlindungan Hak Anak. Soumatera Law Review, 1(2), 267-281.
Hong, S., & Park, S. (2018). Internet mukbang (foodcasting) in South Korea. In I. Eleá & L. Mikos (Eds.), Young and creative: digital technologies empowering children in everyday life. Göteborg: Nordicom.
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.38.
Jailani, M., Wantini, W., Suyadi, S., & Bustam, B. M. R. . (2021). Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik dalam Pembelajaran: Studi Kasus pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 151–167.
Kartika, I. G. A. P. D., Joni, I. D. A. S., & Pradipta, A. D. Motif Dan Kepuasan Anak Muda Kota Denpasar Menonton Mukbang Farida Nurhan Melalui Platform Youtube.
Kang, E., Lee, J., Kim, K. H., & Yun, Y. H. (2020). The popularity of eating broadcast: Content analysis of “mukbang” YouTube videos, media coverage, and the health impact of “mukbang” on public. Health informatics journal, 26(3), 2237-2248.
Khatimah, H. (2018). Posisi dan peran media dalam kehidupan masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119-1.
Kiftiyah, I. N., Sagita, S., & Ashar, A. B. (2017). Peran Media Youtube sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini.
Kircaburun, K., & Griffiths, M. D. (2019). Problematic Instagram use: The role of perceived feeling of presence and escapism. International Journal of Mental Health and Addiction, 17.
Kircaburun, K., Yurdagül, C., Kuss, D., Emirtekin, E., & Griffiths, M. D. (2021). Problematic mukbang watching and its relationship to disordered eating and internet addiction: a pilot study among emerging adult mukbang watchers. International Journal of Mental Health and Addiction, 19, 2160-2169.
Krisnawati, E. (2016). Perilaku konsumsi media oleh kalangan remaja dalam pencarian informasi (Studi kasus perilaku remaja di Kota Salatiga dalam penggunaan media dalam perspektif teori ketergantungan media). KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi.
Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2012). Internet and gaming addiction: A systematic literature review of neuroimaging studies. Brain Sciences, 2.
Lam, L. T. (2014). Internet gaming addiction, problematic use of the internet, and sleep problems: A systematic review. Current Psychiatry Reports, 16.
Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2017). Theories of Human Communication (Eleven Edition). United States of America: Waveland Press.
Listia, N., & Widiasanty, G. (2021). Pengaruh Tayangan Jurnalrisa Episode Jurnal Danur Sunyaruri di YouTube terhadap Minat Menonton. Prosiding Jurnalistik, 7(1), 531–538.
Meitasari, D., & Anshari, D. (2023). Tayangan Mukbang dan Perilaku Kesehatan Dewasa Muda: Tinjauan Literatur. Jurnal Riset Kesehatan POLTEKKES DEPKES Bandung, 15(2), 385-395
Mulyasih, R. (2013). Dependency Media Pada Masyarakat Indonesia. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1).
Murwani, E. (2012). Budaya Partisipatif: Suatu Bentuk Literasi Media Baru. In Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi.
Ng, B. D., & Wiemer-Hastings, P. (2005). Addiction to the internet and online gaming. Cyberpsychology & Behavior, 8.
Pereira, B., Sung, B., & Lee, S. (2019a). I like watching other people eat: A cross-cultural analysis of the antecedents of attitudes towards Mukbang. Australasian Marketing Journal, 27(2), 78–90. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2019.03.001.
Rahmadillah, A., Widodo, A., Kom, S. I., Kom, M. I., Puspita, R., & Sos, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Keterampilan.
Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Saputra, R. A. V. W., Anggraini, J., & Sari, T. P. (2024). Analysis of Using the CapCut Application to Enhance Personal Branding on Social Media. COMMUNICASE: International Journal of Communication Research, 1(1), 9-15.
Saputra, R. A. V. W. (2024). The role of the social media platform pinterest as a creative media reference for generation Z students. English Learning Innovation (englie), 5(2), 207-222.
Satori, D. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Syalwa, D., & Qoriatusholihah, Q. (2022). Pengaruh Menonton Video Mukbang terhadap Perubahan Perilaku Makan pada Penonton Mukbang di Media Sosial. Indonesian Journal of Nutrition, 0–14.
West, R & Tuner, Lynn (2010), Introduction Communication Theory; Analysis and Application, McGraw-Hill Companies Inc.
Woo, S. (2018). Mukbang is changing digital communications. Anthropology Newsletter, 59, 90–94.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Kategori
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Pandu Bintang Sidi, Syifa Chairunnisa Viandra, Sri Oktika Amran, Annisa Citra Triyandra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.