Analysis of Media Relations Activities in The Public Relations Model (Case Study on Public Relations of DPRD Ponorogo Regency)

Penulis

  • Alwi Rahman Universitas Darussalam Gontor
  • Veri Setiawan Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.24036/lk.v2i2.30

Kata Kunci:

Hubungan Media, Humas, Model Humas, DPRD Ponorogo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas media relations yang dilakukan humas DPRD Kabupaten Ponorogo dalam model public relations. Dengan menggunakan empat model public relations Gruing yaitu Press Agentry/ Publicity, Public Information, Two-Ways Asymmetrical, Two-Ways Symmetrical. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Humas DPRD Kabupaten Ponorogo menggunakan model press agentry/publicity untuk memperoleh cakupan informasi yang seluas-luasnya dan menebarkan citra positif lembaga. Humas DPRD Kabupaten Ponorogo menggunakan model public information untuk menyebarkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat. Humas DPRD Kabupaten Ponorogo menggunakan model two-ways asymmetrical lebih mengarah pada pendekatan komunikasi yang berfokus untuk mempertahankan citra positif. Dengan model two-ways symmetrical humas DPRD Kabupaten Ponorogo berusaha untuk memberikan informasi yang bermanfaat, menjaga komunikasi yang baik dengan masyarakat.

Referensi

Aini, Q. (2022). Media Relations. ResearchGate.

Aja, U. S., & Chukwu, J. N. (2019). Emergence of New Media Technologies and Challenges of Media Relations in Nigeria. 6(1).

Cendekia Sandyakala, M. (2020). Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum dan Pendidikan, 30(2), 184–198. https://doi.org/10.52030/attadbir.v30i2.63

Dan, L. (t.t.). Public Relations, Profesi dan Praktik (Vol. 3). Salemba Humanika.

Darmastuti, R. (2012). MEDIA RELATIONS (Konsep, Strategi & Aplikasi). C.V ANDI OFSET (Penerbit Andi).

Grunig, J. E., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. Simultaneously Canada.

Grunig, L. A., Grunig, J. E., & Dozier, D. M. (2002). Excellent public relations and effective organizations: A study of communication management in three countries. Erlbaum.

Harjono. (2021). RASENTRA (RENCANA STRATEGIS) 2021- 2026.

Hendriani, E. R. (2020). PERAN SEKRETARIAT DPRD DALAM PELAKSANAAN FUNGSI DPRD DI KABUPATEN PONOROGO. 9(1).

Iriantara, Y. (2019). MEDIA RELATIONS Konsep, Pendekatan, dan Praktik (Revisi). Simbiosa Rekatama Media.

Johnston, J. (2020). media relations: Issues & strategies (2 ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003116516

Kent, M. L., & Taylor, M. (2002). Toward a dialogic theory of public relations. Public Relations Review, 28(1), 21–37. https://doi.org/10.1016/S0363-8111(02)00108-X

Lubis, E. E. (t.t.). PERAN HUMAS DALAM MEMBENTUK CITRA PEMERINTAH.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Putra, Y. K., & Daga, L. L. (t.t.). STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN NGADA DALAM MENINGKATAN CITRA PEMERINTAH.

Rachmat Kriyantono. (2007). Teknik praktis riset komunikasi: Disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. (Ed. 1, cet. 6). Kencana.

Ramadani, T. (2022). The Government Public Relations Handbook. CV. Bintang Semesta Media.

Rosalina, L., & Anshori, M. S. (t.t.). Analisis Aktivitas Media Relation Dalam Model Public Relations (Studi Kasus Pada Biro Humas Universitas Teknologi Sumbawa).

Saleh, R. (2019). AKTIVITAS MEDIA RELATIONS PEGAWAI HUMAS DI PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI SELATAN [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/fb6wm

Sambo, M. (2019). Media Relations Kontemporer Teori & Praktik (1 ed.). Divisi dari PRENADAMEDIA Group.

School of Communication, Brawijaya University, Malang, Indonesia, & Kriyantono, R. (2019). Research Strategies and Media Relations in Public Relations Practices. Jurnal Komunikatif, 8(2), 178–190. https://doi.org/10.33508/jk.v8i2.2287

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D) (Cet. 6). Alfabeta.

Sulvinajayanti, S. (2018). PRAKTIK PUBLIC RELATION DALAM PANDANGAN ISLAM. KOMUNIDA : MEDIA KOMUNIKASI DAN DAKWAH, 8(2), 134–154. https://doi.org/10.35905/komunida.v8i2.628

Suriady, I., Ningsih, F. P., Rini, G. M. R., & Savhira, F. (2023). MEDIA RELATIONS ANALYSIS KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) SULAWESI TENGAH.

Zikri, M., & Simon, J. (2020). PERAN HUMAS DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF PADA PEMERINTAH KOTA MEDAN.

Diterbitkan

18-12-2024

Cara Mengutip

Rahman, A., & Setiawan, V. (2024). Analysis of Media Relations Activities in The Public Relations Model (Case Study on Public Relations of DPRD Ponorogo Regency). LITERAKOM: Jurnal Literasi Dan Komunikasi, 2(2), 87–98. https://doi.org/10.24036/lk.v2i2.30