Penggunaan Aplikasi Spotify Sebagai Media Baru Layanan Streaming Musik pada Generasi Z

Penulis

  • May Nessa Yolanda Universitas Negeri Padang
  • Husnatul Aini Universitas Negeri Padang
  • Dian Mustika Sari Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/lk.v2i1.18

Kata Kunci:

Spotify, streaming musik, generasi Z, konsumsi musik

Abstrak

 

Penelitian ini membahas tentang penggunaan aplikasi Spotify sebagai media baru pada layanan streaming music pada generasi Z. Fokus penelitian ini adalah perilaku konsumsi musik mahasiswa fakultas ilmu sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teori uses and gratifications sebagai landasan teoritis, data diperoleh melalui studi pustaka dan wawancara dengan narasumber terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Spotify menyediakan berbagai fitur yang memenuhi kebutuhan penggunanya, seperti kemudahan dalam menemukan musik baru, pembuatan playlist pribadi, dan fitur podcast yang mendukung pengembangan diri. Spotify tidak hanya sebagai platform untuk mendengarkan music, tetapi juga memenuhi kebutuhan psikologis dan emosional para penggunanya. Dengan adanya media baru seperti spotify telah memberikan modernisasi terhadap perilaku konsumsi mahasiswa yang menggunakan spotify sebagai wadah dalam menyalurkan bakat public speaking bahkan sebagai media dalam menyalurkan bentuk perasaan.

Referensi

Andry, J. F., & Tjee, C. (2019). Analisis Minat Mahasiswa Mendengarkan Aplikasi Musik Berbayar Dan Unduhan Musik Gratis. JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems, 2(2), 9–15. https://doi.org/10.30813/jbase.v2i2.1727

Amanda, R. (2022). Spotify WOM by Millennial Generation WOM Spotify oleh Generasi Millenial. 140–157.

Febriani, A., & Tiorida, E. (2019). Pengaruh Perceived Value Spotify Premium Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa di Wilayah Bandung Raya ). 1193–1203.

Ii, B. A. B., & Teori, A. K. (n.d.). Teori Uses and Gratification. 10–24.

Imanita, N. D., & Aziz, F. (2023). Pengaruh Perceived Value Terhadap Minat Menggunakan Spotify Premium Di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 10(1), 317–322.

Inayah, A. P., & Hasanudin, C. (2023). Aplikasi Spotify sebagai Sarana Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Fitur Podcast. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 146–152.

Josi, G. P., Arindawati, W. A., & Nurkinan, N. (2020). Motif Penggunaan Aplikasi Musik Spotify pada Generasi-Z di SMA XYZ Bekasi. Warta ISKI, 3(02), 154–159. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i02.64

Kadek, N., Sugiantari, D., Luh, N., Purnawan, R., & Pradipta, A. D. (n.d.). MOTIF DAN KEPUASAN GENERASI MILENIAL.

Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187.

Netti, S. Y. M. (2018). Spotify : Aplikasi Music Streaming untuk Generasi Milenial. 1–16.

Nindi Pratiwi, Y., Munarwati Purnomo, H., Angelina Marcel, D., & Sri Kusumawati, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi Audio on Demand Berbasis Podcast Pada Aplikasi Spotify Terhadap Tingkat Kepuasan. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(1), 70–77. https://doi.org/10.59141/cerdika.v4i1.744

Rilma, N. A., & Agnesia, R. (2023). Motif Mahasiswa Pengguna Aplikasi Tiktok (Analisis Teori Uses and Gratification Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang). LITERAKOM: Jurnal Literasi Dan Komunikasi, 1(1), 34–41.

Sampurna, A., Azmi, M., Rahma, Y., Rahmi, N. U., Handayani, N., Widodo, S. P., & Pane, A. M. (2024). Podcast Spotify sebagai Sarana Broadcasting untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa dalam Upaya Komunikasi. Jurnal Pendidikan Tambusai , 8, 4844–4850.

Saputra, R. A. V. W., Kom, S. I., & Kom, M. I. (2024). RETORIKA: Teori dan Teknik Praktis Seni Berbicara di Era Digital. wawasan Ilmu.

Sindarta, F., & Santoso, T. (2022). Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Intention To Use Melalui Perceived Usefulness Aplikasi Pemutar Musik Spotify Di Kalangan Pengguna Smartphone Berbasis Android. Agora, 10(1), 1–9.

Venessya, J., & Sugiyanto, S. (2023). Pengaruh Customer Experience dan Customer Value terhadap Repurchase Intention melalui Customer Satisfaction pada Spotify Premium. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(2). https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.1998

Yanda Bara Kusuma, I. R. K. (2022). ANALISIS PENERAPAN POLA FREEMIUM DALAM MODEL BISNIS APLIKASI STEAMING MUSIK SPOTIFY (STUDI KASUS MODEL BISNIS FREEMIUM PADA APLIKASI SPOTIFY).

Diterbitkan

30-06-2024

Cara Mengutip

Yolanda, M. N., Aini, H., & Sari, D. M. (2024). Penggunaan Aplikasi Spotify Sebagai Media Baru Layanan Streaming Musik pada Generasi Z . LITERAKOM: Jurnal Literasi Dan Komunikasi, 2(1), 15–24. https://doi.org/10.24036/lk.v2i1.18